Sunday, August 28, 2005

Titik Rawan Korupsi dalam Pilkada

Dalam berbagai kajian mengenai korupsi pemilu,secara umum terdapat empat bentuk praktek penyimpangan yang dilakukan oleh kandidat dan partai politik. Mengingat keempat bentuk korupsi ini terjadi pada saat dan menjelang pemilu, maka kemungkinan besar hal ini juga akan terjadi pada saat pemilihan kepala daerah langsung (pilkadal) nanti. Korupsi pemilu sendiri dalam waktu-waktu tertentu sering ditukarnamakan dengan politik uang. Walaupun sebenarnya istilah politik uang memiliki dimensi yang lebih luas, karena praktek ini bisa terjadi diluar momen pemilu. Dalam terminologi hukum, praktek politik uang disebut sebagai tindak pidana suap.

Bentuk pertama pertama dari korupsi pemilu dikenal dengan istilah beli kursi (seat buying), dimana para kandidat yang ingin menjadi pejabat publik seperti DPR/D, presiden maupun kepala daerah dengan kekuatan uang dan koneksinya dapat ‘memesan’ jatah kursi nomor wahid. Praktek ilegal ini akan tumbuh subur jika penentuan kandidat pejabat publik hanya boleh dilakukan oleh partai politik, tanpa memberikan peluang bagi kandidat independen untuk turut serta sebagai rival dalam kompetisi politik. Apalagi jika mekanisme pemilu internal partai semisal konvensi juga tidak membuka kesempatan bagi masyarakat (konstituen) untuk terlibat dalam pengambilan keputusan pada saat menentukan calon yang akan mewakili partai.

Berikutnya adalah praktek beli pengaruh (influence buying) yakni sebuah tindakan ilegal yang dilakukan kandidat atau partai politik dengan ‘membeli’ tokoh-tokoh masyarakat seperti pemuka agama, pemuka adat dan tokoh informal lainnya untuk mempengaruhi pemilih dalam menentukan pilihan politik mereka. Dalam kondisi dimana pemilu dilakukan secara langsung, sebagaimana dalam pemilihan kepala daerah nanti, praktek pembelian pengaruh akan lebih efektif digunakan daripada menggunakan pendekatan beli suara..

Setidaknya ada tiga alasan yang dapat menjelaskannya. Pertama, dalam pemilu langsung, tidak ada satu carapun yang bisa digunakan untuk memastikan loyalitas pemilih kepada pihak yang membayar mengingat semakin dijaminnya asas pemilu yang langsung, umum, bebas dan rahasia. Kedua,ongkos atau biaya membeli suara dengan model pemilihan langsung jauh lebih besar dibandingkan membeli suara dalam sistem pemilu yang menggunakan perwakilan. Oleh karenanya, akan lebih murah jika para tokoh masyarakat berpengaruh yang dibeli. Ketiga secara kultural, ikatan primordial antara masyarakat dengan tokohnya, baik itu pemuka agama, pemuka adat atau tokoh informal lainnya hingga saat ini masih sangat kental sehingga pengaruh mereka bisa digunakan untuk memobilisasi suara.

Bentuk lainnya adalah praktek pembelian penyelenggara pemilu, yakni sebuah tindakan ilegal oleh kandidat atau partai politik dalam mempengaruhi proses pemilu dan hasilnya dengan menyuap para penyelenggara pemilu, mulai dari level desa, kecamatan, kelurahan dan seterusnya maupun pengawas pemilu untuk melakukan praktek-praktek curang seperti menggandakan jumlah pemilih, memasukkan surat suara ilegal, mendrop suara sah, memanipulasi perhitungan suara dan lain sebagainya. Sesungguhnya praktek ini sangat berbahaya karena dapat mempengaruhi independensi penyelenggara pemilu, sekaligus dapat menelikung aspirasi pemilih yang seharusnya dicerminkan dari pilihan-pilihan politik mereka pada saat mencoblos.

Diantara keempat bentuk korupsi pemilu, istilah yang terakhir ini paling dikenal, yakni pembelian suara. Secara sederhana, beli suara merupakan upaya ilegal dari kandidat dan partai politik untuk mempengaruhi suara pemilih dengan memberikan uang atau bentuk ‘bantuan’ lainnya. Bentuk beli suara sendiri bisa bermacam-macam, tergantung dari metoda dan jumlah uang yang dimiliki kandidat atau partai politik.

Berkaca pada pemilu legislatif dan pemilu presiden tahun lalu, banyak ditemukan praktek beli suara, mulai dari pemberian door prize, kupon bensin untuk massa kampanye, amplop tunai hingga serangan fajar dari kampung satu ke kampung lain. Praktek beli suara sendiri tidak sekedar terjadi pada saat kampanye pemilu dan pada saat pencoblosan suara, tapi bisa juga dilakukan dengan mendompleng acara yang menyedot kehadiran banyak orang, seperti acara pengajian, arisan, pertandingan olahraga, pertemuan warga di tingat RT, RW, keluarahan dan sebagainya.  

Barangkali dalam lingkup korupsi pemilu, pihak yang harus diwaspadai karena memiliki potensi besar untuk melakukan penyimpangan adalah kandidat yang berposisi sebagai incumbent politician, yakni kandidat yang pada saat sekarang menjabat sebagai pejabat publik. Bagi kandidat kepala daerah yang termasuk kategori ini, mereka sangat diuntungkan karena memiliki akses besar terhadap sumber keuangan daerah (APBD) sekaligus kewenangan untuk mengalokasikan anggaran itu bagi kepentingan pemenangan pilkadal.

Datangnya program-program populis ke kampung-kampung, seperti pembuatan jalan, pembangunan rumah ibadah, pembagian sembako gratis, pemberian secara gratis bibit kepada petani yang dilakukan secara tiba-tiba menjelang pilkadal perlu dicurigai sebagai bentuk penggunaan dana publik untuk kepentingan pemenangan pilkadal.

Selain daripada itu, incumbent politicians juga memiliki kesempatan dan kekuasaan besar untuk mempengaruhi independensi panitia penyelenggara pilkadal mengingat tata cara penyelenggaraan pilkadal hanya diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP), yang notabene merupakan representasi dari kelompok politik yang tengah berkuasa saat ini. Meskipun dalam prakteknya panitia penyelenggara pilkadal tetap dilaksanakan oleh KPUD, namun pertanggungjawaban KPUD tidak kepada KPU Pusat yang merupakan jalur hirarkies organisasinya, melainkan kepada DPRD. Dititik inilah kemungkinan adanya tekanan, intimidasi, manipulasi dan tidak terjaminnya independensi panitia penyelenggara pemilu dapat terjadi.          

Perlu diingat bahwa keempat bentuk korupsi pemilu sebagaimana sudah dijelaskan diatas merupakan bentuk korupsi pemilu yang cermati dari sisi belanja/pengeluaran. Sementara di sisi lain, korupsi pemilu dari aspek pemasukan juga dapat terjadi. Hal ini biasanya berbentuk intervensi modal oleh kelompok-kelompok kepentingan dengan membiayai aktivitas politik kandidat atau partai politik dalam pilkadal untuk memenangkan pertarungan. Disebut suap karena intervensi modal terhadap praktek politik biasanya dilakukan dengan cara dan berasal dari sumber ilegal, yakni tidak sesuai dengan peraturan perundang-undangan berlaku.

Memang dalam PP No 6 Tahun 2005 tentang Pemilihan, Pengesahan Pengangkatan, dan Pemberhentian Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, khususnya pasal 65 hingga 69 telah mengatur dana kampanye bagi kandidat menyangkut beberapa aspek. Antara lain mengenai batas besar sumbangan, sumber dana kampanye yang diperbolehkan, kewajiban pelaporan penggunaan dana kampanye dan larangan menerima dana kampanye dari sumber-sumber tertentu.

Namun demikian, praktek korupsi pemilu, baik dilihat dari sisi pengeluarannya maupun dari sisi pemasukannya masih dapat terjadi. Hal ini mengingat penegakan hukum atas temuan terhadap dugaan terjadinya tindak pidana pemilu, khususnya yang terkait dengan praktek korupsi pemilu tidak pernah diusut secara tuntas oleh aparat penegak hukum. Misalnya saja temuan ICW atas berbagai daftar penyumbang fiktif pada saat pemilu presiden tahun 2004 tidak ada satupun yang diselesaikan. Padahal korupsi pemilu merupakan momok tersendiri pada setiap proses pemilu, termasuk dalam pemilihan kepala daerah langsung (pilkadal), khususnya karena pengaruh negatif yang ditimbulkan terhadap kualitas pemilu itu sendiri.

(tulisan ini pernah dimuat di Koran Tempo)

243 comments:

«Oldest   ‹Older   201 – 243 of 243
Anonymous said...

Here you all you need naydesh
In my opinion you are not right. I am assured. I can defend the position. Write to me in PM, we will communicate.
[url=http://mercedes.297m.com/70/index.html]alternator mercedes e320 V[/url]

Go to the guests

Anonymous said...

Good morning
I join. All above told the truth. Let's discuss this question.
[url=http://oaptravel.rosenhost.info/for/33/index.html]forearm forklifts review 338[/url]

G'night

Anonymous said...

I am glad to see you all
In it something is also I think, what is it good idea.
[url=http://mg3000.yaahosting.info/65/index.html]migraine zonegran for Z[/url]


See you soon

Anonymous said...

you interesting people
What very good question
[url=http://tablets.4hosts.0lx.net/code/58/map.html]testing k2 drug map b[/url]

We will be glad to see you

Anonymous said...

web sites websites
It is remarkable, a useful piece
[url=http://mercedes.0oku.net/55/index.html]resistor mercedes blower C[/url]

See you later

Anonymous said...

web sites websites
I consider, that you are mistaken. I suggest it to discuss.
[URL=http://migraines.freewebspace.com/for/map.html]depakote for myoclonic seizures[/URL]

We will be glad to see you

Anonymous said...

I really liked you
This theme is simply matchless :), it is very interesting to me)))
[url=http://mercedes.corefreehosting.com.ar/mer12/map.html]mercedes calcite white map R[/url]

We will not miss you

Anonymous said...

Hallo everybody!
What good luck!
[url=http://national.4hosts.0lx.net/40/map.html]paralegal civil litigation map G[/url]

We will be glad to see you

Anonymous said...

Good morning
I am very grateful to you for the information. It very much was useful to me.
[url=http://military.1sthost.org/mil43/map.html]jpas military l[/url]

Welcome

Anonymous said...

web sites websites
I congratulate, the remarkable message
[url=http://trailers.dikti.net/74/index.html]trailers in travel p[/url]

We will not miss you

Anonymous said...

I liked the look in again
This remarkable phrase is necessary just by the way
[url=http://atrovent.h.gp/225/index.html]offers does special b[/url]

We will be glad to see you

Anonymous said...

good health for you
You will not make it.
[url=http://flavoured.zx9.de/in/68/index.html]for ventolin price B[/url]


See you soon

Anonymous said...

visit, not regret
I apologise, but, in my opinion, you are mistaken. Let's discuss. Write to me in PM, we will communicate.
[url=http://baby.zupfen.de/32/index.html]heart palpitations allergies y[/url]

See you later

Anonymous said...

Hello
I think, that you are not right. Write to me in PM.
[url=http://hypertrophic.pro3.de/39/map.html]infections swimmers ear map a[/url]

Total good

Anonymous said...

design super!
It is simply excellent idea
[url=http://military.4sql.net/mil26/map.html]elgin military watch map 275[/url]

Bye

Anonymous said...

best web page just for you
In it something is. Many thanks for the help in this question.
[url=http://alfa2b.izihost.org/for/49/index.html]troubleshooting toyota forklift M[/url]

Welcome

Anonymous said...

Here you all you need naydesh
How it can be defined?
[url=http://forklift.prophp.org/for11/map.html]forklift license ontario map 965[/url]

We will be glad to see you

Anonymous said...

Excuse for that I interfere ?I understand this question. I invite to discussion. Write here or in PM.

Anonymous said...

Good day
On your place I would address for the help in search engines.
[url=http://mercedes.dikti.net/mer49/index.html]mercedes rdna benz g[/url]

Total good

Anonymous said...

fascinating conversation
Quite right! It seems to me it is good idea. I agree with you.
[url=http://bags.phpnet.us/67/index.html]betting fx spread V[/url]


See you soon

Anonymous said...

Hallo everybody!
Thanks for the help in this question, I too consider, that the easier, the better …
[URL=http://wish.45.kg/cholesterol/hyp/index.html]Learn more lipitor and hypercholesterolemia and efficacy[/URL]

We are waiting for you

Anonymous said...

Hi
I am sorry, that has interfered... I understand this question. It is possible to discuss.
[url=http://forklift.thport.com/for12/map.html]operator licence forklift map l[/url]

Total good

Anonymous said...

Are you a [b]smoker[/b]? Often times, men who smoke will experience problems getting and maintaining an erection.
Smoking can damage blood vessels, and restrict blood flow to the penis.

Do you consume an excessive amount of [b]alcohol[/b]? While you might think that drinking a lot of alcohol
makes you sexy, it can actually keep you from having an erection. If you want to enjoy an evening of
sexual intercourse with your partner, try and limit your alcohol consumption to only one or two drinks.

If you do experience a [b]problem[/b] with an erection, there is no need to become upset or mad. Sometimes just
getting a good night's sleep will take care of the problem. Stress, anxiety and the "busyness of life" can
sometimes cause a temporary erection difficulty. However, if the problem persists, you should explain the
problem to a medical professional.[url=http://goodnewswanted.com/members/buy-cialis-online-usa.aspx] Buy cialis online USA[/url]

Anonymous said...

best web page just for you
I apologise, but you could not paint little bit more in detail.
[url=http://xenical.airisuzuki.org/391/72/index.html]hair drug testing K[/url]

We are waiting for you

Anonymous said...

design super!
It is remarkable, very valuable phrase
[url=http://mercedes.enterneted.com/mer82/index.html]reliability mercedes ml320 K[/url]

Good luck

Anonymous said...

[url=http://dashcommerce.org/members/buy-generic-cialis-online.aspx ]Buy generic cialis online [/url]! Erectile dysfunction (impotence) is the inability to achieve or maintain an erection sufficiently rigid for sexual intercourse, ejaculation, or both. [url=http://sqlite.phxsoftware.com/members/buygenericcialisonline.aspx]
Buy generic cialis canada[/url]. Sexual drive and the ability to have an orgasm are not necessarily affected. Because all men experience erection problems from time to time, doctors consider impotence to be present if attempts at intercourse fail on at least 25% of attempts.[url=http://avhistory.org/communityserver/members/buy-generic-cialis-online.aspx] Buy generic cialis online[/url]

Anonymous said...

[url=http://dashcommerce.org/members/buy-generic-cialis-online.aspx ]Buy generic cialis online [/url]! Erectile dysfunction (impotence) is the inability to achieve or maintain an erection sufficiently rigid for sexual intercourse, ejaculation, or both. [url=http://sqlite.phxsoftware.com/members/buygenericcialisonline.aspx]
Buy generic cialis canada[/url]. Sexual drive and the ability to have an orgasm are not necessarily affected. Because all men experience erection problems from time to time, doctors consider impotence to be present if attempts at intercourse fail on at least 25% of attempts.[url=http://avhistory.org/communityserver/members/buy-generic-cialis-online.aspx] Buy generic cialis online[/url]

Anonymous said...

Hi
Excuse for that I interfere … But this theme is very close to me. Write in PM.
[url=http://drx9000.0dollarwebspace.com/car/42/map.html]chapter car loan map H[/url]

We will be glad to see you

Anonymous said...

Завод штампов и пресс-форм – крупнейший производитель инструментальной оснастки на территории России и СНГ. Компания выполняет полный комплекс работ по проектированию, изготовлению и сервисному обслуживанию [url=http://zspf.ru]техоснастка[/url]. Компания изготавливает в том числе штампы ковочные и
штампы вырубные, пресс-формы для стекла, включая формы для стеклотары и проводит мехобработку любой сложности.

Anonymous said...

Завод штампов и пресс-форм – крупнейший производитель инструментальной оснастки на территории России и СНГ. Компания выполняет полный комплекс работ по проектированию, изготовлению и сервисному обслуживанию техоснастки. Компания изготавливает в том числе штампы ковочные и
штампы вырубные, пресс-формы для стекла, включая формы для стеклотары и проводит [url=http://zspf.ru]мехобработка[/url] любой сложности.

Anonymous said...

Предприятие обладает исключительной гибкостью. Собственный инженерный центр проводит проектирование оснастки и необходимые расчеты. Наши производственные мощности насчитывают более 700 единиц специализированного оборудования. Высококвалифицированный персонал и высококачественные контрольные приспособления позволяют изготовить оснастку весом от 1 кг до 50 тонн в минимальные сроки с высочайшим качеством, включая
[url=http://zspf.ru]обработка металлов давлением[/url] и механообработка. Система менеджмента качества предприятия сертифицирована по стандарту ISO 9001:2000.

Anonymous said...

Наши производственные мощности насчитывают более 700 единиц специализированного оборудования. Предприятие обладает исключительной гибкостью. Собственный инженерный центр проводит проектирование оснастки и необходимые расчеты. Система менеджмента качества предприятия сертифицирована по стандарту ISO 9001:2000. Высококвалифицированный персонал и высококачественные контрольные приспособления позволяют изготовить оснастку весом от 1 кг до 50 тонн в минимальные сроки с высочайшим качеством, включая
обработка металлов давлением и [url=http://zspf.ru]механообработка[/url].

Anonymous said...

[url=http://zspf.ru/content.php?id=53]Производство прессформ[/url]

В связи с загрузкой инженерного центра Завода штампов и пресс-форм приглашает к сотрудничеству компании, обладающие компетенциями в области проектирования технологической оснастки. Мы сделаем все возможное для того, чтобы Вам было удобно и комфортно работать с нами. Наши возможности и компетенции позволяют абсолютно точно прогнозировать и гарантировать сроки и бюджет изготовления заказа.

Anonymous said...

пердуперденция rollerblade

Anonymous said...

Завод штампов и пресс-форм имеет огромный опыт в проектировании и изготовлении пресс-форм для самых различных изделий: от мебельной фурнитуры и товаров для дома до автомобильных деталей. Наша компания - единственное в России предприятие, которое имеет возможность производить уникальные крупногабаритные [url=http://zspf.ru]изготовление пресс-форм[/url] на такие изделия, как бампер автомобиля и панель приборов.

Anonymous said...

Мы ориентированы на системное долгосрочное сотрудничество – и с ведущей международной корпорацией, и с индивидуальным предпринимателем. Нашими клиентами и постоянными партнерами являются крупнейшие российские и мировые производители – Magna, Boeing, Nissan, Volkswagen, ГАЗ, ВАЗ, «Сокол», ВСМПО-АВИСМА и др. Мы успешно и взаимовыгодно работаем более чем с 200 общероссийскими и региональными компаниями. Мы имеем громадный опыт в [url=http://zspf.ru/content.php?id=53]изготовление прессформ[/url] для самых различных изделий. Для мехобработки в составе завода штампов и пресс-форм есть уникальная химико-техническая лаборатория, которая предлагает различные виды анализа материалов.

Anonymous said...

При изготовлении штампов мы всегда учитываем количество получаемых деталей, режимы работы и состояние Вашего оборудования. Исходя из этих параметров, мы готовы предложить оптимальное решение по конструкции и стоимости оснастки.
Завод располагает прессовым оборудованием для подгонки и наладки всех типов [url=http://zspf.ru/content.php?id=52]штампы холодные[/url] усилием до 1500 тc. Для того, чтобы подтвердить качество получаемых деталей, мы изготавливаем наладочные партии деталей и производим замеры их геометрических параметров.

Anonymous said...

[url=http://zspf.ru]Нижегородский завод штампов и пресс-форм[/url] – крупнейший производитель инструментальной оснастки на территории России и СНГ. Компания выполняет полный комплекс работ по проектированию, изготовлению и сервисному обслуживанию техоснастки. Компания изготавливает в том числе штампы ковочные и
штампы вырубные
, пресс-формы для стекла, включая формы для стеклотары и проводит мехобработку любой сложности.

Anonymous said...

Секрету.нет - Извращения, стыд и жесть, постыдные рассказы и весёлые Москва. Бесплатные истории шокируют вас и всю страну Эстония
[url=http://secretu.net/]секс рассказы[/url]

Anonymous said...

Hi there there simply wanted to offer this interesting article I discovered all about residential wind power. It tells about some information that has made it simpler for me in saving a large amount of money on my electrical power monthly bill. Look at this webpage about [url=http://ezinearticles.com/?Residential-Wind-Power---Install-and-Save-Money!&id=4757967]residential wind power[/url].

Anonymous said...

Hello. And Bye.
Is Harry on the Boat?
life is beautiful korean drama
casanova crew

Anonymous said...

Hello,

Nice to be registered on penghunilangit.blogspot.com. My little name is maxizhu ;-)

Anonymous said...

Hey! This is my 1st comment here so I just wanted to give a quick shout out and tell you I genuinely enjoy reading through your posts.

Can you suggest any other blogs/websites/forums that deal with the same subjects?
Appreciate it!
My web page > how to play piano

«Oldest ‹Older   201 – 243 of 243   Newer› Newest»